Jumat, 22 Maret 2013

Korut Tuding Korsel Lakukan Serangan Ke Internet


Korea Utara pada Jumat melancarkan tudingan bahwa musuh-musuhnya melakukan serangan terhadap para penyedia layanan Internet, sementara negara komunis itu mengancam akan berperang habis-habisan sebagai reaksi atas latihan militer bersama yang sedang dijalankan Korea Selatan dan Amerika Serikat.
Laporan kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), yang dimonitor di Seoul mengatakan bahwa penyedia layanan Internet yang dioperasikan oleh negara tersebut telah mengalami serangan intensif dan terus menerus.
KCNA tidak merinci lebih jauh, namun mengisyaratkan bahwa serangan sudah terjadi selama beberapa hari.
Kantor berita Korut itu mengatakan bahwa Pyongyang saat ini sedang menjadi target serangan dunia maya dari musuh-musuhnya sebagai balasan atas sikap tegasnya terhadap aksi-aksi agresif.
Korut telah menyatakan tekad untuk menghadapi bentuk-bentuk provokasi apapun.
Laporan juga menyebutkan bahwa serangan dunia maya tersebut merupakan masalah penting karena serangan terjadi di saat Amerika Serikat dan Korea Selatan sedang menjalankan latihan perang besar-besaran secara bersama.
"Kita tidak akan tinggal diam terhadap serangan dunia maya yang dilancarkan oleh musuh-musuh kita yang telah mencapai titik mengerikan dan merupakan bagian dari rencana lebih besar untuk melumpuhkan DPRK," demikian laporan KCNA.
DPRK merupakan singkatan dari Republik Demokratik Rakyat Korea, yaitu nama resmi negara Korea Utara.
Korea Selatan dan Amerika Serikat awal pekan ini memulai program latihan Key Resolve dan Foal Eagle yang berlangsung setiap tahun.
Kedua negara sekutu itu telah berulang kali mengatakan bahwa latihan-latihan dirancang untuk menghalau serangan dari Korut.
Namun, Korut menyebut latihan tersebut sebagai latihan terselubung untuk menyerang negaranya.
Sebagai tanggapan, Korut pada pekan sebelumnya secara sepihak membatalkan perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea (tahun 1950-1953) dan menyatakan pihaknya tidak akan menghormati pakta-pakta non-agresi yang ditandatangani oleh kedua Korea.
Laporan soal serangan dunia maya untuk pertama kalinya muncul pada Rabu ketika sebuah kantor berita Rusia mengatakan akses terhadap internet di Korea Utara diblokir dan bahwa sumber-sumber resmimeyakini bahwa negara itu kemungkinan telah mengalami serangan dahsyat dunia maya.
Di masa lalu, Korea Utara dituduh melakukan serangan dunia maya terhadap berbagai laman di Korea Selatan dan Amerika Serikat, namun untuk pertama kalinya Korut menuduh kekuatan-kekuatan asing telah menyerang penyedia Internetnya.(ant/rd)

 

Tidak ada komentar: